TIPS LAMBUNG SEHAT SAAT MENJALANKAN IBADAH PUASA

Diposting tanggal

Puasa adalah salah satu ibadah utama. Ibadah puasa insya Allah akan terasa lebih nyaman kalau lambung kita sehat. Seperti diketahui, salah satu masalah kesehatan yang sering dikeluhkan saat puasa adalah kambuhnya penyakit maag, akibat saluran cerna kita tidak mendapat makanan maupun minuman selama +/- 14 jam.

Dari penelitian yang dilakukan oleh para ahli memang terjadi peningkatan asam lambung saat puasa dan akan kembali normal setelah puasa selesai. Selain itu lambung juga akan mengadakan proses adaptasi dengan pola makan yang berubah, sehingga seringkali pada awal-awal puasa keluhan sakit maag ini meningkat.
Ada beberapa tips sederhana untuk menjaga lambung tetap sehat selama puasa: Jangan lewatkan sahur dan jangan tunda berbuka.

Jika timbul gejala sakit maag seperti : sendawa asam, mual, mulas, nyeri uluhati dan kembung, maka asam lambung dapat dinetralkan dengan minum obat maag sebelum sahur, saat berbuka dan sebelum tidur malam.

Tips Sehat Sahur
1. Sahurlah mendekati imsak
2. Makanlah makanan yang mudah dicerna,
    misal : sedikit nasi, telur, sayur, tempe/tahu.
3. Minumlah air hangat atau jus buah segar
4. Jangan langsung beraktivitas berat atau kembali tidur setelah sahur, beri waktu (30 menit) makanan masuk ke pencernaan dengan sempurna

Tips Sehat Berbuka
1. Segerakan berbuka ketika masuk dengan minum air putih
2. Utamakan makanan yang manis atau kurma seperti ysng dianjurkan Nabi
3. Satu jam kemudian, makanlah makanan padat dan lengkap secukupnya. 4. Perbanyak minum air putih untuk membantu proses pencernaan.
5. Konsumsi 8 bj Spirulina dan 2 sendok makan jeligamat menjelang tidur dan waktu sahur.